Tips Mengatasi Windows yang Tidak Boot

http://www.mountaindogmission.net – Saat Anda menyalakan komputer, tapi Windows tidak booting, apa yang harus Anda lakukan? Ada berbagai penyebab ketika Windows tidak boot, jadi Anda harus terlebih dahulu menemukan masalahnya.

Untungnya teknologi berkembang pesat, teknologi baru yang Anda gunakan akan memudahkan Anda. Begitu juga dengan Windows, versi Window yang lebih baru maka akan lebih baik lagi dalam hal pemulihan dari versi Window yang lebih lawas. Misalnya, di Jendela yang lebih baru akan mencoba memperbaiki Window secara otomatis dengan Startup Repair.

Apakah Anda Membuat Perubahan?

Hal pertama yang harus Anda lakukan, pastikan perubahan terakhir yang Anda lakukan. Apakah Anda baru saja menginstal perangkat lunak, mengupdate Window, menginstal driver, menambahkan perangkat keras baru, atau apakah Anda hanya membongkar komputer? Bisa jadi perangkat lunak tidak akan bisa boot komputer Anda, perangkat keras yang Anda pasang tidak kompatibel, driver yang Anda instal tidak sesuai, atau Anda lupa menginstal salah satu komponen di dalam PC dan banyak alasan lain untuk perubahan Anda.

Sudah terpasang dengan benar tanpa kabel daya?

Jika komputer Anda tidak menyala sepenuhnya, pastikan daya dari komputer terpasang dengan benar di stopkontak. Pastikan juga jika stavolt aktif, jika masih menyala namun komputer belum siap, Anda bisa mengganti kabel daya atau catu daya. Hal lain yang harus Anda periksa apakah komputer Anda tidak menyala adalah monitornya. Jika PC menyala namun monitor tidak menyala, pastikan kabel power dan kabel HDMI terpasang di monitor dan PC. Pada langkah kedua ini Anda harus memeriksa kekuatan komputer Anda, jika semuanya terinstal dengan benar namun komputer tidak akan menyala. Mungkin Anda harus pergi ke langkah selanjutnya.

Layar Hitam muncul dengan Pesan Kesalahan

Jika komputer Anda sedang booting namun dengan layar monitor berwarna biru terang dengan pesan kesalahan, seperti “tidak ada perangkat yang dapat dibooting” atau “kesalahan disk”. Untuk memperbaikinya, Anda perlu memasukkan pengaturan firmware BIOS atau UEFI, kemudian periksa pengaturan urutan boot dan pastikan komputer melakukan booting dari hard drive. Jika menu tidak memiliki daftar hard drive, hard drive Anda telah gagal dan tidak bisa booting. Dalam hal ini Anda bisa mencoba pemulihan Windows dengan memasukkan DVD Instalasi Windows dan menjalankan Startup Repair. Hal ini dilakukan agar Windows membuat bootable lagi. Jika Windows akan boot tapi gagal lagi, mungkin Anda bisa mencoba langkah di bawah ini.

Windows Freeze atau Crash Saat Booting

Bila Windows telah melalui proses boot tapi gagal, apakah pengalaman Window membeku atau mogok, ini mungkin karena masalah perangkat lunak atau perangkat keras. Jika Anda yakin ini adalah masalah perangkat lunak, mungkin Anda bisa memperbaikinya dengan Startup Repair. Jika Anda tidak bisa masuk ke menu booting, masukkan DVD instalasi Window dan gunakan alat Startup Repair. Jika Startup Repair tidak dapat mengatasi masalah ini, Anda mungkin harus menginstal ulang Window. Jika setelah startup repair dan reinstall masih muncul masalah yang sama, sepertinya ini adalah masalah hardware.

Windows Berjalan setelah itu BSOD

Blue Screen Of Death (BSOD) adalah kata yang akrab bagi pengguna Windiw. Bila Anda mengalami BSOD saat Window Runs atau Boot, ini karena masalah hardware atau software. Misalnya saat Anda menginstal driver atau mengupdate driver yang tidak sesuai atau ada hardware yang salah.

Untuk memastikan apakah kerusakan perangkat keras atau perangkat lunak ini, Anda dapat mencoba Windows Window to Safe Mode. Dengan Safe Mode, Window tidak akan memuat driver hardware tambahan yang Anda instal dan perangkat lunak yang berjalan secara otomatis pada saat startup. Komputer akan berjalan stabil dalam mode aman, coba copot pemasangan driver atau perangkat lunak yang baru saja Anda pasang, lakukan pemulihan sistem atau pemindaian perangkat lunak jahat. Jika Anda beruntung, langkah ini akan membantu Anda mengatasi masalah booting Window Anda.

Jika ini tidak memperbaiki masalah Anda, coba instal ulang Window atau coba gunakan fitur Reset atau Refresh jika Anda menggunakan Window 8. Ini akan membuat komputer Anda baru lagi, jika macet, ini berarti masalah perangkat keras.

Amankan Data Anda

Jika Window tidak bisa boot dan Anda memiliki banyak file penting di dalamnya, dan Anda harus menginstall ulang Windows. Anda dapat menyimpan data Anda menggunakan Linux Live CD untuk mengamankan file. Ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan jika Window Anda tetap tidak bisa boot.