Tips Pintar Menjaga Keamanan Selama Menggunakan Internet

Internet
Internet

http://www.mountaindogmission.net – Internet keamanan bisa dikatakan sebagai ruang tak terbatas dimana banyak hal bisa, dan mungkin terjadi. Informasi yang cepat dan mudah berubah dari seluruh dunia oleh semua orang akhirnya membuat internet menjadi pisau bermata dua. Karena itu, keamanan saat menggunakan internet juga penting dan harus diperhatikan.

1. Perangkat dan Browser Aman

Yang pertama dan paling utama adalah mengamankan perangkat dari virus yang bisa menginfeksi. Kita bisa memilih banyak anti virus yang populer, baik gratis maupun berbayar. Seperti Anti-virus yang populer, Avast, AVG, BitDefender, dan McAfee.

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Selain itu, tidak ada salahnya memasang Anti-malware, misalnya yang terkenal dan hebat seperti SuperAntiSpyware dan Malwarebytes. Selain itu, kita harus memastikan keamanan semua perangkat yang bisa diakses internet. Perangkat modern seperti komputer, smartphone, dan tablet adalah perangkat yang paling sering digunakan untuk serangan online.

Setelah selesai mengamankan perangkat, lalu yang terakhir adalah mengamankan browser web. Semua browser terkenal seperti Firefox dan Chrome sebenarnya telah menambahkan fitur keamanan yang hebat. Tapi ini masih bisa dibuat lebih aman lagi dengan menambahkan add-on. Add-ons atau add-on digunakan untuk menghindari pelacakan, mengingatkan kita akan web yang dianggap berisiko dan web yang sering menyimpan data pengguna.

2. Waspada Saat Belanja Online dan Lindungi Akun Transaksi

Belanja online adalah langkah belanja modern. Sayangnya, transaksi online bisa berpotensi berbahaya. Oleh karena itu hati-hati harus menjadi pertimbangan utama. Pilih toko web online tepercaya dan tawarkan beberapa kebijakan untuk konsumen. Selain itu harus menjadi toko terpercaya yang telah terdaftar di badan hukum. Hati-hati juga waktu akan menjalankan pembayaran online, jika perlu gunakan akun bersama atua paypal yang jauh lebih aman.

Selalu waspada dan waspada jika ada web yang meminta informasi kartu kredit. Hal ini karena tidak hanya satu atau dua masalah terjadi mengenai penggunaan kartu kredit ini. Dimana banyak kartu kredit mereka mengalami pembengkakan karena penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab.

3. Keamanan Melindungi Informasi Pribadi

Di era jejaring sosial seperti sekarang, sebuah informasi, khususnya personal telah lebih mudah untuk dibagikan. Tentunya ini bisa dimanfaatkan oleh pencuri identitas. Oleh karena itu, pastikan keamanan web terlebih dulu sebelum berbagi informasi pribadi apa pun.

Saat menggunakan media sosial, maksimalkan fitur keamanan privasi dan hanya berbagi informasi yang diperlukan dengan orang yang terpercaya. Maka langkah selanjutnya adalah menjaga password dan buat pertanyaan keamanan yang sulit. Jangan gunakan nama belakang, tanggal lahir, nama hewan piaraan, dan lainnya yang mudah ditebak. Dan yang paling penting adalah jangan menggunakan fitur save password di browser karena siapapun bisa melihatnya dengan mudah.

4. Jangan Download dan Klik Download

Banyak masalah virus yang menginfeksi komputer yang disebabkan oleh kesalahan oleh pengguna. Karena itu, tidak lagi mendownload file atau program dari web yang tidak dipercaya, apalagi kalau itu program bajakan.

Perhatikan informasi terperinci terlebih dahulu sebelum akan membuka lampiran e-mail dari pengirim yang tidak kita kenal. Karena ini bukan pertama kalinya, beberapa virus dikirim dengan membajak akun e-mail dan mengirim e-mail spam ke semua kontak. Tetap waspada dan jangan akses file sembarangan di internet.

5. Waspada dengan Orang Asing dan Cegah Penyalahgunaan

Biasanya pengguna internet yang masih anak-anak terlalu rentan terhadap keamanan informasi pribadi. Mereka cenderung terlalu mudah untuk berbagi informasi pribadi dan rahasia kepada beberapa orang, apalagi yang tidak diketahui. Oleh karena itu peran orang dewasa untuk terus mengingatkan dan mengajarkan anak-anak ini saat menggunakan internet masih sangat dianjurkan.

Dan juga harus tetap waspada, dengan menghindari penyalahgunaan media sosial. Caranya dengan menyaring akun jejaring sosial sehingga tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. Kemudian yang terakhir, kita sadari kudu waspada saat berinteraksi dan berkenalan secara online, karena tidak semua orang di internet termasuk orang baik dan umumnya mereka memiliki kepentingan sendiri.